Laundry Kiloan Perlu Memiliki Rencana Bisnis (Business Roadmap)

Membuat peta jalan bisnisĀ  atau Rencana bisnis, menjadi hal yang jarang dilakukan oleh UKM laundry kiloan di awal memulai usaha. seringkali terjadi, menjadi pelaku bisnis UKM lantaran desakan kondisi perekonomian, dimana pada saat ini sulitnya mencari pekerjaan mendorong banyak orang untuk memulai bisnis sendiri. Jadi, yang penting jalan dulu dan ada pemasukan. bahkan seringkali memulai bisnis tanpa memiliki pengetahuan yang cukup akan bisnis yang akan digelutinya.

Bagaimana memulai bisnis dengan rencana bisnis yang tepat? Mulailah dengan menerapkan analisis 4C Diamond, yakni Change, Customer, Competitor, dan Company, untuk penjelasan yang lebih lengkap anda bisa mendapati berbagai referensi tetang 4c diamond tersebut, terutama dari youtube, wikipedia, website, blog dll. Setelah ini, Anda bisa melangkah, ke langkah yang lebih mendetail.

Mulai dengan memperkuat organisasi bisnis Anda. Meskipun tim Anda hanya terdiri dari anggota keluarga, penguatan organisasi bisnis tetap perlu dilakukan. Minimal ada kejelasan tugas dan kewajiban.Kemudian, tetapkan target-target jangka pendek, menengah, dan panjang. Untuk jangka pendek, misalnya, membangun kualitas produk. Pada tahap ini, trial and error biasa terjadi yang penting selalu ada perbaikan hingga mencapai kualitas dan sesuai harapan konsumen.

Selanjutnya, mulai memikirkan pengembangan bisnis untuk jangka menengah. Sebagai contoh, merambah ke pasar atau kanal distribusi baru. Bila sudah merasa siap, bisa masuk ke e-commerce sembari terus melakukan promosi dengan beragam cara. Dalam usaha laundry, bisa melakukan pengemabangan dengan menggunakan sosial media untuk promosi, seperti instagram, facebook, atau menggunakan google map.
Di instagram dan facebook, kita dapat mengiklankan bisnis laundry kita hanya di 1 km di sekitar tempat usaha laundry berada.

Berikutnya, mencari pendanaan baru untuk ekspansi bisnis yang lebih besar, misalnya buka outlet secara masif, meningkatkan kapasitas produksi dengan menambah alat atau bikin lokasi produksi baru(membuka laundry yang baru), hingga melakukan ekspor. untuk laundry kiloan bisa dengan cara menambah mesin cuci, pengering dll. Dalam tahap ini, Anda bisa menggandeng mitra untuk memperkuat modal. berkerjasama dengan keluarga/ saudara. Tapi, bisa juga mencari pinjaman dari lembaga keuangan bila Anda tetap ingin menjalankan bisnis ini sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.